BINA SARANA INFORMATIKA

Dosen Pembimbing Bpk. Sidik, S.Kom

Kamis, 04 November 2010

FLOWCHART

Nama : Ernawati
Nim  :
11102399
  
Flowchart

Untuk menggambarkan sebuah algoritma yang terstruktur dan mudah dipahami oleh orang lain (khususnya programmer yang bertugas mengimplementasikan program), maka dibutuhkan alat bantu yang berbentuk Diagram Alir (Flowchart). Diagram alir ini akan menunjukkan alur di dalam program secara logika. Diagram alir ini selain dibutuhkan sebagai alat komunikasi, juga diperlukan sebagai dokumentasi. Dan sebelum lebih jauh memahami komponen-komponen diagram alir, maka perlu kiranya disampaikan aturan-aturan dalam perancangan diagram alir tersebut, yaitu :
1.    Diagram alir digambarkan dengan orientasi dari atas ke bawah dan dari kiri ke kanan;
2.    Setiap kegiatan/proses dalam diagram alir harus dinyatakan secara eksplisit;
3.    Setiap diagram alir harus dimulai dari satu Start State dan berakhir pada satu atau lebih Terminal Akhir/Terminator/Halt State;
4.    Gunakan Connector dan Off-Page Connector state dengan label yang sama untuk menunjukkan keterhubungan antar path algoritma yang terputus/terpotong, misalnya sebagai akibat pindah/ganti halaman.

Selain dengan Flowchart, untuk menuliskan sebuah algoritma dapat pula digunakan Pseudo-Code, yaitu suatu teknik penulisan algoritma dengan menggunakan sebanyak mungkin komponen-komponen dari salah satu bahasa tingkat tinggi (suatu bahasa pemrograman yang masih memerlukan unit kompilator untuk mengeksekusi program agar dapat berjalan). Dalam arti penulisan algoritma dengan Pseudo-Code ini hampir menyerupai sebuah program, tetapi tanpa menyertakan atribut-atribut program (seperti tipe data, dll), hanya menuliskan proses intinya saja.

Dasar Pemrograman Komputer
          Program komputer adalah kumpulan instruksi (statements) yang disusun secara logis untuk memecahkan suatu masalah. Instruksi-instruksi yang digunakan disesuaikan dengan jenis bahasa pemrograman yang digunakan.
          Ada dua jenis utama dalam bahasa pemrograman, yaitu bahasa pemrograman berbasis bisnis dan berbasis matematis (science). Bahasa pemrograman yang berbasis bisnis biasanya merupakan program aplikasi siap pakai, seperti dBase, Visual Basic, FoxPro, FoxBase, Clipper, COBOL dan sejenisnya yang merupakan program aplikasi basis data. Ada juga Photoshop, Corel Draw, dan sejenisnya yang merupakan program aplikasi untuk pengolaman gambar (image processing) atau multimedia. Sedangkan yang berbasis science seperti Pascal, C, Fortran, Mathlab, dan sejenisnya.
Program yang baik memiliki kriteria, antara lain:
  1. menghasilkan keluaran (output) yang sesuai dan benar.
  2. memiliki kompleksitas algoritma yang minimal.
  3. memiliki kecocokan dengan peruntukan bahasa programnya.
  4. memiliki batas akhir penyelesaian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar